Tujuan pendidikan umum di perguruan tinggi adalah :
- Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebgai anggota masyarakat dan bangsa serta agama
- Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul di dalam masyarakat Indonesia
- Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan mereka berkomunikasi
Contoh Studi Kasus :
Seorang mahasiswa yang menjalani kuliahnya dengan setengah-setengah karena mengambil jurusan yang bukan merupakan minatnya, melainkan karena jurusan tersebut adalah pilihan orang tuanya.
Opini :
Dari contoh studi kasus dapat kita ambil kesimpulan bahwa tujuan pembelajaran ilmu sosial dasar dapat membantu kita untuk bersikap lebih konsisten dalam pengambilan keputusan.
Secara khusus mata kuliah dasar umum bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang :
- Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia
- Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain
- Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan
- Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meingkatkan
Contoh Studi Kasus :
Seorang mahasiswa lulusan salah satu universitas ternama dan memiliki nila IP yang di atas standar yang belum mendapat pekerjaan (pengangguran) karena penerapan ISD dalam kehidupan sehari-hari yang tidak sesuai dengan apa yang di targetkan setelah mempelajari ISD
Opini :
Menurut saya setiap lulusan mahasiswa di harapkan dapat menguasai ISD untuk dapat di terapkan di dalam kehidupan sehari-hari, karena tanpa ISD yang baik seorang mahasiswa lulusan universitas manapun akan sulit untuk mencari pekerjaan
Latar belakang diberikannya ISD
Adalah banyaknya kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan kita oleh sejumlah para cendikiawan, terutama sarjana pendidikan, sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan kita berbau colonial, dan masih merupakan warisan sistem pendidikan Pemerintah Belanda, yaitu kelanjutan dari politik balas budi yang dianjurkan oleh Conrad Theodhore van Deventer. Sistem ini bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga terampil untuk menjadi “tukang-tukang” yang mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi kekayaan Negara.
Ternyata sekarang masih dirasakan banyaknya tenaga ahli yang berpengetahuan keahlian khusus dan mendalam, sehingga wawasannya sempit. Padahal sumbangan pemikiran dan adanya komunikasi ilmiah antara disiplin ilmu diperlukan dalam memecahkan berbagai masalah sosial masyarakat yang demikian kompleks.
Contoh Studi Kasus :
Beberapa dari mahasiswa lulusan sebuah universitas yang memiliki nilai IP d atas standar yang tidak memiliki pemahaman dan penerapan ISD sehinnga berkelakuan/bersikap buruk sehingga walaupun tergolong mahasiswa yang hebat, perusahaan tidak berani merekrut mereka karena tidak memiliki penerapan ISD, sehinnga mereka melakukan sesuatu yang buruk dan menyusahkan orang lain dengan apa yang di milikinya, contohnya seperti teroris.
Opini :
Menurut saya penerapan ISD sangat penting, khususnya untuk membangun pribadi kita.
Pengertian ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi , dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkugnan sosialnya dapaat menjadi lebih besar
Contoh Studi Kasus :
Sekumpulan mahasiswa yang mempelajari ISD mampu melakukan sosialisasi di lingkungan dimana mereka berada dan bisa berinteraksi dengan kelompok lain, contohnya walau mereka berbeda agama tetapi mereka bisa bersama dan saling menghormati.
Opini :
Pembelajaran ISD sangat penting selain membina sikap kita, ISD juga membantu kita dalam berinteraksi dengan baik dengan orang lain. Jadi kita harus bisa memahami bagaimana penerapan ISD dalam kehidupan kita sebagai bekal pendidikan sikap.
Sumber :
- Ilmu Sosial Dasar Oleh: Harwantiyoko, Neltje F. Katuuk Penerbit Gunadarma
- http://mohamadazis.blogspot.com/2009/12/materi-minggu-1.html
0 Response to "ISD Sebagai Salah Satu MKDU"
Post a Comment