NAMA : MARIO
APRILA YOHANES MAKARAWO
NPM : 14110221
KELAS : 3KA33
TUGAS “GRAFIK
KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA”
MEMBUAT GARIS
VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL MENGGUNAKAN OPENGL
Program ini dibuat
menggunakan Dev C++ dan menggunakan header OpenGL untuk membuat file OpenGL nya. Pertama kita
menginstall header OpenGL nya, caranya masuk pada Dev C++ nya kemudian pilih
tools lalu pilih package manager, selanjutnya pada Package Manager pilih
install lalu masukkan header OpenGL dan ganti tipe file menjadi generic package
lalu pilih open dan ikuti langkah-langkah instalasi nya.
Selanjutnya membuat
program nya pada Dev C++ pertama pilih file lalu pilih new kemudian pilih
project kemudian setelah tampil pilihan project pilih tag multimedia dan pilih OpenGL
kemudian beri nama project yang akan kita buat. Dalam membuat program
multimedia OpenGL, pada project yang kita buat telah di sediakan source code
dan kita hanya perlu mengganti isi source code yang telah diberi komentar /* OpenGL animation codes goes here */. Berikut untuk
penjelasan code (kodingan) untuk masing-masing pembuatan garis vertikal,
horizontal dang diagonal :
- Garis Vertikal
Berikut adalah penjelasan mengenai kodingan untuk membuat
garis vertikal :
ClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); (Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA)
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); (Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam)
glPushMatrix (); (Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
glClearColor(1,1,1,0); (Untuk menentukan
warna garis/titik)
glColor3f(1,1,1); (Untuk menentukan warna garis/titik)
glColor3f(1,1,1); (Untuk menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES); (Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan)
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); (Untuk menentukan titik awal yang digunakan)
glVertex3f(0,0,0.0); (Untuk menentukan titik akhir yang digunakan)
glEnd (); (Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir)
glPopMatrix (); (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC); (Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)
Sleep (1); (Untuk penutup program)
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); (Untuk menentukan titik awal yang digunakan)
glVertex3f(0,0,0.0); (Untuk menentukan titik akhir yang digunakan)
glEnd (); (Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir)
glPopMatrix (); (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC); (Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)
Sleep (1); (Untuk penutup program)
Berikut adalah prtsc dari kodingan dan Output program
setelah di running :
- Garis Horizontal
Berikut adalah penjelasan mengenai kodingan untuk membuat
garis vertikal :
ClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); (Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA)
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); (Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam)
glPushMatrix (); (Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
glClearColor(1,1,1,0); (Untuk menentukan
warna garis/titik)
glColor3f(1,1,1); (Untuk menentukan warna garis/titik)
glColor3f(1,1,1); (Untuk menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES); (Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan)
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); (Untuk menentukan warna)
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); (Untuk menentukan titik awal yang digunakan)
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); (Untuk menentukan titik yang digunakan)
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); (Untuk menentukan titik akhir yang digunakan)
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); (Untuk menentukan warna)
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); (Untuk menentukan titik awal yang digunakan)
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); (Untuk menentukan titik yang digunakan)
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); (Untuk menentukan titik akhir yang digunakan)
glEnd (); (Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir)
glPopMatrix (); (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC); (Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)
Sleep (1); (Untuk penutup program)
glPopMatrix (); (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC); (Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)
Sleep (1); (Untuk penutup program)
Berikut adalah prtsc dari kodingan dan Output program
setelah di running :
- Garis Diagonal
Berikut adalah penjelasan mengenai kodingan untuk membuat
garis vertikal :
ClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); (Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA)
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); (Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam)
glPushMatrix (); (Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
glClearColor(1,1,1,0); (Untuk menentukan
warna garis/titik)
glColor3f(1,1,1); (Untuk menentukan warna garis/titik)
glColor3f(1,1,1); (Untuk menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES); (Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan)
glVertex3f(0.0,-0.8); (Untuk menentukan titik awal yang digunakan)
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); (Untuk menentukan titik akhir yang digunakan)
glEnd (); (Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir)
glPopMatrix (); (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC); (Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)
Sleep (1); (Untuk penutup program)
glVertex3f(0.0,-0.8); (Untuk menentukan titik awal yang digunakan)
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); (Untuk menentukan titik akhir yang digunakan)
glEnd (); (Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir)
glPopMatrix (); (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC); (Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)
Sleep (1); (Untuk penutup program)
Berikut adalah prtsc dari kodingan dan Output program
setelah di running :
0 Response to "MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL MENGGUNAKAN OPENGL"
Post a Comment