BAHASA PEMROGRAMAN


Berikut ini adalah contoh beberapa bahasa pemrograman.




FORTRAN
FORTRAN (FORmula TRANslator) dikembangkan pada tahun 1956 oleh John Backus di IBM. Ditujukan untuk mempermudah pembuatan aplikasi matematika, ilmu pengetahuan dan teknik. Keunggulan FORTRAN terletak pada dukungan untuk menangani perhitugan, termasuk bilangan kompleks. Kelemahan bahasa ini terletak pada operasi masukan/keluaran yang sangat kaku. Selain itu, kode sumbernya lebih sulit dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain.

BASIC
BASIC (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code) dikembangkan pada tahun 1965 di Darmouth College. Penciptanya adalah John Kemeny dan Thomas Kurtz. Awalnya ditujukan sebagai bahasa sederhana untuk pengajaran dasar pemrograman komputer. Bahasa ini tergolong sebagai bahasa yang serbaguna yakni dapat dipakai utuk aplikasi apa saja. BASIC merupakan bahasa yang sangat popular sebelum akhirnya muncul Pascal. Keunggulan BASIC terletak pada kemudahan untuk dipakai. Namun kala itu BASIC berbentuk interpreter sehingga kecepatannya sangat lambat. Akhir-akhir ini muncullah BASIC berbentuk compiler. Namun kehadirannya terlambat oleh kedatangan Pascal yang sejak awal berbentuk compiler sehingga menawarkan kecepatan yang lebih tinggi. Kelemahan yang lain adalah BASIC tidak mendukung operasi bilangan kompleks dan penanganan terhadap berkas sangat terbatas sehingga tidak cocok untuk menangani aplikasi bisnis.

Pascal
Pascal dibuat oleh Nicklaus Wirth pada tahun 1971. Nama Pascal berasal dari nama matematikawan Perancis yang bernama Blaise Pascal (1623-1662). Bahasa ini awalnya digunakan untuk mengenalkan pemrograman terstuktur. Keunggulan Pascal adalah kemudahan untuk mempelajarinya dan dukungan fungsi-fungsi matematika yang sangat lengkap. Kelemahan Pascal adalah tidak mendukung operasi bilangan kompleks dan tidak mendukung sarana untuk aplikasi bisnis.

C
C diciptakan oleh Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie pada tahun 1972 di Laboratorium AT&T. Bahasa ini menggabungkan kemampuan pengendalian mesin dalam aras rendah dan struktur data dan struktur kontrol yang beraras tinggi. C dipakai antara lain untuk menyusun sistem operasi LINUX dan UNIX. Kelebihan C adalah cepat, efisien, pemanipulasian data dalam bentuk bit dimungkinkan, dank ode sumber bahasa C pada suatu platform dapat dipendahkan ke platform lain tanpa adanya perubahan. Sedangkan kelemahan C adalah banyak yang menganggapo bahwa bahasa C adalah bahasa yang sulit dipahami dan tidak adanya dukungan untuk aplikasi bisnis.


C++
Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.


Java
Java dibuat pada tahun 1995 di Sun Microsystems. Java merupakan bahasa berorientasi objek dan serbaguna. Kode Java dikompilasi dalam format yang disebut bytecode. Bytecode ini dapat dijalankan di semua komputer yang telah dilengkapi dengan program Java Interpreter dan Java Virtual Machine. Java telah menyediakan sarana untuk membuat program yang disebut applet yang berjalan di pada Web Browser. Bahasa ini juga mendukung koneksi ke database, meyediakan sarana untuk membuat aplikasi berbasis Windows dan juga dapat dipakai dalam pemrograman jaringan.


0 Response to "BAHASA PEMROGRAMAN"

Post a Comment

Pages