MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL MENGGUNAKAN OPENGL

NAMA      :  MARIO APRILA YOHANES MAKARAWO

NPM         :  14110221
KELAS     :  3KA33


TUGAS “GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA”

MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL MENGGUNAKAN OPENGL


Program ini dibuat menggunakan Dev C++ dan menggunakan header OpenGL  untuk membuat file OpenGL nya. Pertama kita menginstall header OpenGL nya, caranya masuk pada Dev C++ nya kemudian pilih tools lalu pilih package manager, selanjutnya pada Package Manager pilih install lalu masukkan header OpenGL dan ganti tipe file menjadi generic package lalu pilih open dan ikuti langkah-langkah instalasi nya.
Selanjutnya membuat program nya pada Dev C++ pertama pilih file lalu pilih new kemudian pilih project kemudian setelah tampil pilihan project pilih tag multimedia dan pilih OpenGL kemudian beri nama project yang akan kita buat. Dalam membuat program multimedia OpenGL, pada project yang kita buat telah di sediakan source code dan kita hanya perlu mengganti isi source code yang telah diberi komentar /* OpenGL animation codes goes here */. Berikut untuk penjelasan code (kodingan) untuk masing-masing pembuatan garis vertikal, horizontal dang diagonal :

  • Garis Vertikal
Berikut adalah penjelasan mengenai kodingan untuk membuat garis vertikal :

 ClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  (Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA)
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  (Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam)
glPushMatrix ();  (Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
glClearColor(1,1,1,0);  (Untuk menentukan warna garis/titik)
glColor3f(1,1,1);  (Untuk menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES);  (Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan)
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  (Untuk menentukan titik awal yang digunakan)
glVertex3f(0,0,0.0);  (Untuk menentukan titik akhir yang digunakan)
glEnd ();  (Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir)
glPopMatrix ();  (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC);  (Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)
Sleep (1);  (Untuk penutup program)

Berikut adalah prtsc dari kodingan dan Output program setelah di running :




  • Garis Horizontal

Berikut adalah penjelasan mengenai kodingan untuk membuat garis vertikal :

 ClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  (Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA)
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  (Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam)
glPushMatrix ();  (Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
glClearColor(1,1,1,0);  (Untuk menentukan warna garis/titik)
glColor3f(1,1,1);  (Untuk menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES);  (Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan)
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);  (Untuk menentukan warna)
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);  (Untuk menentukan titik awal yang digunakan)
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);  (Untuk menentukan titik yang digunakan)
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);  (Untuk menentukan titik akhir yang digunakan)
glEnd ();  (Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir)
glPopMatrix ();  (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC);  (Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)
Sleep (1);  (Untuk penutup program)

Berikut adalah prtsc dari kodingan dan Output program setelah di running :




  • Garis Diagonal

Berikut adalah penjelasan mengenai kodingan untuk membuat garis vertikal :

 ClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  (Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA)
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  (Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam)
glPushMatrix ();  (Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
glClearColor(1,1,1,0);  (Untuk menentukan warna garis/titik)
glColor3f(1,1,1);  (Untuk menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES);  (Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan)
glVertex3f(0.0,-0.8);  (Untuk menentukan titik awal yang digunakan)
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);  (Untuk menentukan titik akhir yang digunakan)
glEnd ();  (Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir)
glPopMatrix ();  (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)
SwapBuffers (hDC);  (Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)
Sleep (1);  (Untuk penutup program)

Berikut adalah prtsc dari kodingan dan Output program setelah di running :






Pages